Kamis, 19 Mei 2011

sakit "BRAHMA"

Sudah hampir 2 minggu, berawal dari biang keringat yg muncul di atas dahi Adil...mama pikir cuma biang keringat biasa krn Adil memang sering berkeringat di kepala apalagi klo lg makan yg pedas (dia suka pedas, beda dengan kk Andal), keringat langsung menetes dari atas dahinya. Tapi...koq lama2 biang keringat tersebut melebar dan jadi bisul/koreng. Cari ke apotik salep utk mengobatinya, tiap disalepin mengering tapi luka itu ttp basah malah timbul nanah. OMG...kasian sekali ngeliat Adil.
(Foto senin sore, kaget liat kondisi wajahnya yg membengkak)
Umi bilang, bisul itu mungkin tumbuh karena ada beberapa biji/kelenjar yg muncul dibawah telinga dan leher, orang tua bilang "sresel/sekelan" makanya umi nganjurin diurut di nenek yg ahli ngobatin penyakit tsb. Akhirnya minggu pagi mama dan papa berangkat ke rumah nenek iyum dan diurutlah Adil dan dibekalin minyak kelapa utk mengobatinya.

Senin pulang kantor agak kaget liat muka Adil bengap/bengkak spt abis ditinju, Ya Allah...kenapa ya? umi bilang tadi waktu tidur ga sengaja kesikut kk Andal tapi koq sampe separah itu? sampe malam bengkak di pipi kiri makin besar, malah ke mata kirinya, hampir saja ga bisa melihat. Akhirnya direferensiin berobat alternatif ke ibu2 yg selama ini orang2 bilang sangat pandai mengobati anak2 yg sakit cacar, campak dll. Mostly setelah mereka berobat ksana langsung sembuh. Akhirnya Selasa (libur) mama dan umi langsung bawa Adil kesana, sedang papa jaga rumah krn kebetulan eyang kakung datang ke rumah. (Foto selasa malam, mata sebelah kiri sudah tidak bisa dibuka, tambah bengkak)
Hhhmmm...setiap kali ketemu eyang, Adil selalu dalam keadaan kurang fit. Sebulan lalu ketemu eyang pas Adil dirawat di RS dan kali ini eyang menyempatkan datang ke rumah, Adilpun dalam keadaan kurang sehat. Yaaa...krn si papa khawatir, pagi itu jg sebenernya dah mo langsung bawa ke RS/praktek dokter aja tapi mama melarang dan sempet memarahi papa, kenapa setiap anak sakit apa2 dokter, apa2 RS. Udah biaya besar, lagipula dokter pasti meresepkan obat2an yg mengandung zat kimia yg blm tentu bagus utk si kecil, gggrrr....tapi akhirnya papa nurut aja sih.

(Foto rabu siang, matanya sudah mulai terbuka)

Setelah sampe di rumah Mbak Nur, dia bilang klo Adil kena penyakit "Brahma", dulu kecil mamapun pernah mengalaminya tapi wktu itu di kaki sebelah kanan. Seperti apa penyakit itu? Rasanya panas dan sesekali terasa sangat gatal. Dulu sih ya dibawa ke pengobatan alternatif, diolesin kapur sirih dan bbrp hari udah sembuh. Entah klo di istilah kedokteran itu disebut apa. Sebelumnya kita dianjurkan membeli minyak kelapa asli dan setelah itu minyak tsb diberikan ke mbak Nur dan kemudian didoa2in sambil sebut nama Adil, begitu juga dengan sebotol air putih yg memang kita bawa dari rumah (salah satu syarat jg). Katanya setiap kali bisul dan muka/kelopak mata yg membengkak diolesi minyak tsb, jgn sampe kering jadi harus sesering mungkin. Tidak boleh kena air dan tidak boleh makan telur dan ayam. Insya Allah dalam 3 hari bengkaknya berkurang.

Hari itu sambil kontrol perkembangan Adil. Masih belum ada perubahan, kelopak matanya makin menutup dan mata sebelah kiri tidak bisa melihat, Ya Allah...kasian melihat dia. Mama terus mengolesi minyak tsb sambil mama baca2in ayat2 minta kesembuhan dan kulihat di punggung muncul kemerah2an, seperti alergi sesuatu atau biduran. Mama telp mbak Nur dan menanyakan hal itu dan jawabnya, iya...Adil kena sampe ke badan jadi olesi aja seluruh badannya dengan minyak kelapa itu. Ya udah mama ikutin instruksi mbak Nur dan hari ini merah2 di seluruh tubuhnya dan ada bbrp di kakipun hilang. Pipinyapun sudah tidak bengkak, matanya sudah bisa melihat dan terbuka even kelopaknya msh sedikit membesar. Sambil terus dikontrol, klo dalam 3 hari belum menampakkan kesembuhan, mama memutuskan mo bawa Adil ke dokter saja. Tapi kayaknya ga perlu krn Adil sudah mulai membaik dan rencananya besok (Jum'at) rencananya mo balik lagi konsul ke rumah mbak Nur krn bisul di kepalanya msh blm kering.

(Foto tadi pagi, kondisi sudah lebih baik, alhamdulillah...)
Alhamdulillah...selama Adil sakit, dia tidak rewel sama sekali. Tidur malampun seperti biasa nyenyaknya, cuma klo abis maen/bercanda ma kakaknya, rasa manjanya muncul minta digendong dan merengek2 ga jelas. Napsu makannya drastis menurut, susah sekali buka mulut tetapi minum susunya 2x lbh banyak makanya badannya makin berat.

Yaah...semoga Adil cepat membaik ya sayang, cepet sembuh dan sehat terus. Semoga anak2 kami senantiasa diberi kesehatan olehNya, amiiinn...

2 komentar:

  1. Hii adil.. Saya skrg kena penyakit brahma boleh info mba nur alamat nya dimana? Thanks ya

    BalasHapus
  2. Hi adil,boleh minta info mbak nurnya?via email di ivantzismanager@gmail.com,thanks sebelumnya

    BalasHapus