Kamis, 30 Agustus 2012

Idul Fitri 2012

Ini cuma rangkaian perjalanan dan acara selama liburan Idul Fitri tahun ini. Sudah 2 tahun ini setiap malam takbiran kami sekeluarga mengunjungi rumah eyang kakung utk mengantarkan penganan lebaran, ketupat sayur betawi, opor ayam juga rendang. Malam takbiran yang sepi berada di lingkungan rumah eyang, kita menghabiskannya hingga jam 10 malam.





Setelah papa dan kakak pergi ke mesjid utk melaksanakan sholat Ied berjamaah, aku dan mama (kebetulan sedang berhalangan) bersiap-siap utk bersilaturrahmi. 



Aku belum memahami betul-betul apa arti lebaran, yang aku rasakan suasana saat itu ramai dan penuh orang yg berjabat tangan. 
Papa dan kakak pulang sholat, aku cuek. hehe...


Setelah semua orang pulang sholat Ied, kami berkumpul di rumah umi utk berlebaran dan bermaaf-maafan, sama ummi, ayah, om uji, om Aan dan tante Anis. Dan asyiiknya setiap salim aku dapat salam tempel, lumayan....


Setelah selesai berlebaran di rumah umi, kami ke rumah nenek-kakek (buyut). Lagi2 aku disuruh bersalaman, dan lagi2 aku mendapat uang, seneng deh, hehehe..


Selesai berlebaran dengan semua keluarga besar ayah, lanjut makan ketupat sayur dan opor buatan ummi ramai-ramai, seruuuu...


Sambil menunggu om Faiz dan om Azis datang ke rumah umi, kami istirahat di rumah, tidur bareng-bareng. Jam 4 sore baru kita ramai-ramai datang ke rumah nyai. Berlebaran lagi disana, dapat uang lagi deh....


Hari kedua kami mengunjungi tante Upik (pemilik kontrakan kami yg lama). Udah lama banget ga kesana, rasanya makin sepi, disana aku menghabiskan waktu utk bercanda sama kakak. Sebelum pamit pulang, aku dan kakakpun dapat salam tempel dari tante, lumayaannn...


Lanjut dari rumah tante, kami berlebaran ke rumah eyang kakung. Aku sempat tertidur disana, waktunya bobo siang ditambah cuaca begitu panas. Karena eyang kakung ada janji dgn Eyang Adi dan eyang Sri mau ke makan eyang putri dan eyang Toto, akhirnya kamipun berpamitan pulang setelah Eyang Adi datang menjemput Eyang kakung.


Hari ketiga keliling mengunjungi kakak dan adiknya ummi juga nenek-nenek kakak nyai. Karena lokasi rumahnya lumayan dekat jd tidak memakan waktu terlalu lama. Cuma karena seringnya berpindah-pindah ya tetap berasa capeknya. Ba'da ashar open house dgn kedatangan serombongan teman-teman papa yang ingin berlebaran.


Saat mengunjungi salah satu rumah nenek (adik nyai), aku mengalami kecelakaan kecil. Asyik bermain di mobil milik kakek, bibirku kejedot pintu mobil, terluka dan berdarah. Histeris dan menangislah aku, sakiiiittttttttt....*Ga bisa diam sih!*


Setelah puas berkeliling dan tetep dapat angpaw, kami pulang karena rencananya semua adik-adik umi mau berlebaran dan kumpul di rumah umi. Karena kami sudah lelah, akhirnya kami cuma beristirahat di rumah, ga maen ke rumah umi.


Hari ke empat, acara halal bihalal keluarga besar umi. Pilihannya adalah Kebon Binatang Ragunan, yang sangat crowded saat itu. Pengunjung begitu banyak dan padat merapat, sehingga kesempatan utk melihat-lihat binatangpun susah. Akhirnya kecapean, duduk aja di tikar sambil buat acara kecil2an, bagi-bagi lucky draw.


Sebelum pulang aku dan kakak dibelikan Hamster (hitam dan bule), yang sampai sekarang masih aku rawat dengan baik, aku menamakan Chiki dan Chiko, keren kaaannn?!


Hari ke lima, istirahat dan main-main aja di rumah. Sore hari baru berkunjung ke rumah nenek (keluarga ayah) keliling hingga 4 rumah dan lagi-lagi aku dapat salam tempel tentunyaaa...


Hari ke enam, main-main di rumah. Malam hari antar kakak cari handphone. Karena uang salam tempel kakak lumayan banyak dan temen-temen di rumahpun smua membelikan hp dari uang salam tempel mereka, jadi kakak ikut-ikutan deh. 


Setelah dapat hp, kita lanjut mengunjungi rumah mertua om Azis. Sepii disana..


Hari ke tujuh, halal bihalal keluarga besar umi di mesjid dekat rumah nyai. Acara cuma sampe ba'da Zuhur, setelah itu kembali pulang, istirahat, capeeeeee.... Malam harinya didatangin teman-teman papa, rame menghabiskan malam minggu dgn rebusan kerang 12kiloooooo, wow..!!


Hari ke delapan, tidak ada acara kemana-mana, istirahat bareng mama karena besoknya mama sudah harus bekerja kembali.


Liburan menyenangkan karena bisa menghabiskan waktu bersama mama, papa dan kakak selama seminggu full. 


Itulah ringkasan ceritaku selama libur lebaran kali ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar